Janda Ngehits di Bekasi

Janda Ngehits di Bekasi


“Janda Centil siang-siang seger nih kayaknya.”

“Yuk, gue juga pengen Janda Heboh nih.”

Eits eits eits jangan mikir macem-macem dulu ya sama cuplikan dialog diatas. Janda yang ini bukan dalam arti sebenarnya namun hanyalah sebuah singkatan dari jawa sunda. Nama yang sengaja dipakai oleh pemiliknya, Bu Darmi, untuk menarik orang berkunjung menyicipi hidangan khas rumah makannya. Warung Sop Janda didirikan sejak tahun 1997 terletak di Cikarang Cibitung kawasan industri MM2100. Tak sulit mencari Warung ini karena ketika sudah sampai Cikarang, saentro penduduk langsung tahu dimana keberadaannya. Kini Warung Sop Janda sudah memiliki beberapa cabang diantaranya Bekasi, Jakarta, Karawang hingga Purwakarta.

Sop Janda Bekasi. Photo From: http://www.ayobekasi.com/

Jenis masakan andalannya adalah sop iga dan iga bakar. Untuk para pecinta pedas makanan disini mampu membuat lidah bergoyang dan keringat bercucuran. Keunikan yang membuat Warung Sop Janda ini tidak pernah sepi adalah pengunjung bisa meminta tingkatan rasa pedas sesuai selera. Cobalah aduk, maka akan ditemukan kumpulan ranjau cabe rawitnya di dasar mangkok. Menurut Bu Darmi, bumbu utamanya ialah cabe rawit 5kg dicampur dengan iga seberat 10kg. Bisa dibayangkan bagaimana hot-nya? Sluurp sluurp sroottt. Untuk harga jangan khawatir, pengunjung hanya perlu merogoh kocek sebesar 20.000/porsi untuk sop janda dan nasi 3000/sepuasnya. Nama – Nama menu yang diberikannya pun cukup membuat penasaran ingin mencicipinya seperti Sop Janda, Sop Janda Heboh, Paket Sop Janda Keren, Mie Janda Super Pedas, Ketupat Janda, Sup Buah Janda Centil, Jus Terong Janda Belanda, Jus Janda Daun Muda.

Sop Janda Iga. Photo From: http://kulinermudikddb.ucontest.info/
Sop Janda Daging. Photo from: http://www.kabari.co.id/

Bagi para penggemar ayam jangan khawatir karena warung ini juga menyediakan ragam hidangan ayam goreng. Ayamnya pun bukan sembarangan, disini hanya menggunakan ayam kampung bukan ayam broiler sehingga diberi nama ayam goreng organik. Tak ingin menghilangkan ciri pedasnya, untuk menu ayam sambalnya juga dibuat khas dengan takaran sepedas Sop Janda.

Sop Buah Janda Centil & Jus Janda Daun Muda. Photo By: http://www.kabari.co.id/

Untuk hidangan penutup, ada dua menu unik tidak hanya dari segi nama tapi juga penampilan dan rasa. Pertama Sup Buah Janda Centil yang sengaja dibuat centil berisi potongan buah berwarna-warni agar menggoda untuk dinikmati. Satu lagi adalah Jus Janda Daun Muda yang menyuguhkan sensasi manis dan asam dalam sekali teguk. Ketika ditelisik komposisi Jus Janda Daun Muda ini terdiri dari campuran sawi, nanas dan jeruk nipis jadi tidak heran kalau rasanya asam manis segar dan bikin melek.

Keunikan Warung Sop Janda tak hanya dari nama menu yang diberikan. Kompisisi makanan dan minumannya, serta keunikan rasanya mampu menyihir pengunjung untuk bertandang kembali.

Sekarang sudah tau kan harus nyari janda dimana?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s