Tempat Berkumpulnya Para Pecinta Burung

Tempat Berkumpulnya Para Pecinta Burung


Orang-orang tidak menganggap tempat ini sebagai jantung ekonomi kota karena disana memang tidak menjual kebutuhan pokok sehari-hari. Namun pasar ini tidak kehilangan keunikannya dan menjadi pusat tujuan para penghobinya. Tersebutlah Pasar Burung yang terletak di Kecamatan Rawalumbu, Kota Bekasi. Yang unik dari pasar ini adalah hanya menjual segala rupa yang berhubungan dengan burung dan pernak-perniknya. Segala jenis burung dijual disini. Bagi mereka yang ingin menjual burung peliharaannya pun dilayani disana. Tak hanya itu, makanan burung serta aneka ragam sangkar yang lucu-lucu juga dijual disana. Selain itu, disana juga melayani pembeli yang ingin membuat sangkar sesuai keinginan.

Suasana Pasar Burung Bekasi. Photo From: http://www.bekasibusiness.com

Menurut penuturan Bapak Sunandar selaku pengelola Pasar Burung Bekasi, biasanya pasar sangat ramai di hari kamis karena disana secara rutin diadakan latihan dan kompetisi bagi para Komunitas Pecinta Burung seJabodetabek. Bagi para pedagang acara ini cukup mendongkrak pengunjung untuk sekalian berbelanja disana. Cukup mencengangkan, tahun lalu dikabarkan omzet dari Pasar Burung ini mampu mancapai angka 100juta/bulan. Salah seorang pedagang burung disana juga mengatakan dirinya mampu menjual hingga 300 ekor burung kenari. Mungkin karena acara ini menarik perhatian bagi para pecinta burung untuk turut berkompertisi ataupun orang awam yang hanya sekedar datang untuk melihat tapi justru jadi tertarik untuk memelihara burung.

Kompetisi Burung. Photo From: http://www.bekasibusiness.com

Sebenarnya tak hanya pernak-pernik burung saja yang dijula disini, ikan-ikan hias pun turut dijual dipasar ini. Namun masyarakat lebih mengenal tempat ini sebagai pasar burung mungkin karena jarang ditemuinya tempat yang khusus menjual segala kebutuhan untuk burung peliharaan kesayangannya. Atau mungkin pengelola harus membuat acara kompetisi untuk ikan hias agar tempat ini terdongkrak sebagai pusat ikan hias?

Berdasarkan survey omkicau di enam kota tentang hewan yang paling banyak dipelihara, persentase terbesar sebanyak 35% diduduki oleh Burung (termasuk ayam). Responden juga menuturkan beberapa alasan mereka memelihara burung, diantaranya untuk melepaskan stres, menciptakan suasana nyaman dirumah, sebagai kebanggaan dan prestise, atau hanya sekedar mengisi waktu luang. Mungkin ini alasannya kenapa pasar burung tak pernah sepi pengunjung.

Survey Hewan yang Paling Banyak Dipelihara by http://omkicau.com/

Mau cari burung? Ke Pasar Burung Bekasi yuuk!

2 thoughts on “Tempat Berkumpulnya Para Pecinta Burung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s