Malu Mengeluh

Malu Mengeluh


Macet. Ngeluh

Cucian numpuk. Ngeluh

Tugas susah. Ngeluh

Angkutan Umum penuh. Ngeluh

Laper. Ngeluh

Kenyang. Bego

Sebutlah saya yang terkadang hobby nya ngeluh. Dapet kerjaan ribet dikit bete. Jalanan macet ngomel. Beli makan gak enak ngambek. Jadi ceritanya saya baru saja ditempatkan di suatu project yang secara lokasi sangat gak strategis dari tempat tinggal. Macetnya minta ampun jika harus bawa kendaraan pribadi. Akses krl yang harus transit dan tujuan favorit para pekerja, bisa dibayangkan bagaimana penuh sesaknya ya. Bus pun penuh sesak karena lokasi berada tepat di segitiga emas. Kata pertama yang tergambar dari semua itu adalah capek. Yang kedua apa? Ngeluh.

Drama kehebohan ini belum selesai sampai disitu. Dari ngerengek males kerja lah, minta ngekos deket kantor lah, ini lah, itu lah. Kami mencoba solusi pertama dengan menginap dirumah orang tua yang notabandnya strategis dengan segala jenis transportasi umum dari bus hingga omprengan. Yaaa omprengan! Tidak terpikir sama sekali dengan jenis transportasi umum ilegal itu ketika heboh drama ini itu yang saya ciptakan sendiri. Omprengan ini walau harganya lebih mahal tapi strategis dengan rumah orang tua dan berhenti di depan tempat kerja. Saya coba naik omprengan. Duduk nyaman, tidak kepanasan, hanya membutuhkan waktu tempuh 1jam sampai ke tempat kerja, dan ternyata menjadikan saya sampai paling pagi dibanding yang lain. Capek? Gak. Pake transit? Gak. Ngantuk? Bisa tidur. Amaze! Apa yang saya lakukan setelah mendapat kenikmatan ini? Pertama bersyukur. Kedua, malu. Ya saya terkejut malu.

Peristiwa yang membuat saya tertunduk dengan wajah memerah. Ya, malu sama karena terlalu mendramatisir keadaan tapi Tuhan justru melimpahkan banyak kemudahan. Pipi merah ini menjadikan saya lebih banyak bersyukur, lebih lama bersujud. Dan yang terpenting pipi ini semakin merah ketika menyadari betapa sayangnya Tuhan tapi yang saya lakukan malah mengeluh. Malu…

Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

 

 

Leave a Reply

