4 Cara Mendapatkan Ide Tulisan

4 Cara Mendapatkan Ide Tulisan


Beberapa hari terakhir semangat menulis lagi menggebu-gebu. Saya sendiri agak takjub, bahkan ketika sedang “melakukan panggilan alam” pun bisa dapet ide mau nulis apa. Tapi kalo lagi gak mood, udah nulis judul, nyoba nulis hapus lagi dan berakhir mangkrak sampe berbulan-bulan. Gak jarang juga draft postingan harus rela diapus aja deh ahh hehee.

Pagi ini ketika lagi bersih-bersih email dari sarang laba-laba (maklum hobby sign up sana sini sering dapet email blast, spamming, dan invite macem-macem socmed yang entah apalah itu), ada satu email blast yang bikin gatel pengen di-posting. Subject-nya bagus lhoo “Tips Mendapatkan Ide Menulis” dari nulisbuku.com. Pas banget kan buat saya yang sering abis ide, sering gak bertanggung jawab ngapus-ngapus draft di blog, bahkan parahnya pernah lhoo saya hiatus nulis 4 tahun. Meen oh meennn. Atas dasar itu saya memutuskan untuk me-repost-nya di blog saya.

1. Tulis ide apa saja yang bisa kamu pikirkan. Tulis secara berkala dan jadikan kebiasaan rutin. Tidak perlu terlalu menimbang apakah itu ide besar atau ide sederhana. Memiliki bank ide akan sangat bermanfaat ketika kamu sedang stuck atau membutuhkan ide cepat. Dan ide lama yang belum sempat diolah, bisa jadi harta berharga di masa depan.

2. Carilah prompt untuk tulisanmu.Prompt adalah pemicu yang bisa memancingmu menulis. Bisa berupa kata, benda, kejadian, atau apa saja. Kamu bisa meminta prompt dari temanmu atau ikut bergabung dengan komunitas menulis yang secara regular memberi prompt. Cara ini bisa mengasahmu mendapatkan ide dan mengeksekusinya dari hal-hal yang biasa atau malah tidak pernah terpikirkan olehmu.

3. Cobalah untuk mengasosiasikan dua hal yang tidak berkaitan.Pernahkah kamu berpikir apa jadinya jika ubur-ubur dan stroberi disatukan dalam sebuah cerita? Dua hal tersebut kelihatan sangat berseberangan, tetapi jika kamu memikirkannya dengan baik, ada banyak hal yang bisa diceritakan.

4. Mengecek berita hari ini. Koran, televisi, internet, menyediakan informasi yang sangat berlimpah dan aktual setiap harinya. Sepuluh menit membaca surat kabar bisa memberimu banyak gambaran kejadian. Lewat internet, kamu bisa mengetahui masalah yang sama di satu tempat dan lainnya bisa diselesaikan dan dihadapi dengan cara yang begitu berbeda. Juga, begitu banyak peristiwa sosial, ekonomi, budaya, hingga romansa dan keluarga yang dibahas di media setiap hari. Semua itu adalah sumber ide yang sangat kaya dan seharusnya kamu bisa memanfaatkannya dengan baik.

Yuk mulai kita coba secara teratur agar kemampuan kita menulis makin terasah.

Let’s writing and find our own happiness.

2 thoughts on “4 Cara Mendapatkan Ide Tulisan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s