Be Aware Raw Food

Be Aware Raw Food


Dari kecil terdoktrin kalo sayur yang belum direbus dikhawatirkan masih banyak bakteri dan virus yang bisa menjangkit tubuh. Belum lama juga banyak temen kantor yang bilang  “Hey penganten baru kalo mau cepet hamil jangan banyak makan yang mentah-mentah.” Tapi tetep aja saya hobi nyemilin lalapan seperti timun, kol, dkk. Hihihi.

Apa sih yang sebenernya mereka takutkan? Banyak orang beranggapan kalau sayuran dan buah mentah adalah penyebab penyakit yang banyak menghantui ibu-ibu hamil, yaitu Toksoplasma. Toksoplasma adalah hewan bersel satu dengan nama Toxoplasma Gondii. Hanya hewan yang pernah memakan hewan yang mengandung sista Toksoplasma dan menurut hasil pemeriksaan lab pada kotoran kucing positif terdapat oosista (bentuk seksual) Toksoplasma saja yang bisa menularkan Toksoplasma ke individu yg lain (Oke udah mulai ribet yaa bahasanya :D). Jadi ia sama sekali tidak bercokol atau bersumber dari tumbuh-tumbuhan segar.

Hewan yang paling sering menjadi penyebar toksoplasma adalah kucing. Dalam skala lebih kecil sapi. Kenapa kucing? Ada yang mengatakan karena kucing sering mengkonsumsi tikus liar. Tapi agak rancu, karena kucing yang dipelihara cermat pun rentan terkena. Kenapa sayuran yang dijadikan kambing hitam penyebar toksoplasma? Karena memang ada kemungkinan sayuran terkontaminasi. Kemungkinnan dari kotoran hewan yg kering lalu tertiup angin dan menempel pada sayur dan buah lantas ketika dijual jarang dicuci. Jadi salah besar bila dikatakan bahwa sayuran dan buah adalah sumber toksoplasma. Lebih jelasnya dapat dibaca pada link ini dan link itu .

Mentah-mentah yang gimana dulu ya mbakyu.

Apa yang harus diperhatikan mbakyu? Preprocessing. Maksudnya preprocessing adalah mencuci sayur dan buah dengan cermat. Karena dengan mencuci terlebih dahulu sayuran dan buah dapat terbebas dari bakteri, virus, serta debu yang menempel. Bisa dengan mencuci air mengalir selama 3-5 menit atau merendamnya dengan air garam/cuka. Ya masa sih sayur sama buah langsung kita makan tanpa dicuci, emang kita kambing siist hehehe. Kalau saya sendiri ada tips nih gimana cara mencuci yang aman

*Cuci sayur dan buah dengan air mengalir.

*Rendam dengan air garam (jika masih ragu), karena garam dapat membunuh bakteri ulat dan pestisida yang kemungkinan masih menempel.

*Untuk menghilangkan garam yang menempel, bisa direndam dengan air hangat (ingat ya hangat bukan panas, suhu sekitar 40-50 derajat lah).

Justru yang harus kita perhatikan adalah ketika mengkonsumsi  daging, ikan dan semua yang berasal dari hewan karena justru daur hidup Toksoplasma hidup disini. Hayoo yang suka makan steak, sushi, sashimi niih. Yuk mulai sekarang kalau makan daging-dagingan pastikan ke waiters-nya kualitas daging dimasak dengan kategori well done yaa. Kalau sushi gimana? Masih banyak kok pilihan menu sushi yang ingredient dari bahan-bahan yang matang. Kalo sashimi? Ih saya mah gak suka sashimi siih yaa jadi no comment ajaa hihiiii😀

Raw Food = Makanan Mentah Say NO

Raw Fruit Vegatable = Sayur Buah Mentah Say YES

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s