Mitos Penurunan Berat Badan

Mitos Penurunan Berat Badan


MITOS 1:  Minum air putih / air dingin terlalu banyak membuat gemuk.
Yang satu ini benar-benar hanya mitos.  Kembali lagi ke newsletter anda sebelumnya mengenai kenapa kita naik berat badan, anda sudah tahu kita akan naik berat badan kalau total kalori yang kita konsumsi lebih besar dari total kalori yang dibakar badan kita.  Nah, yang anda perlu tahu, air putih itu tidak ada kalorinya alias 0 (NOL).  Jadi intinya air putih tidak akan membuat anda gemuk.  Anda bahkan membutuhkan antara 8-12 gelas air puith per hari untuk kesehatan dan fungsi tubuh yang optimal.

MITOS 2: Saya Keturunan Gemuk
Kata-kata ini ada benarnya tapi juga bisa dibilang kurang tepat. Benar karena anda mewarisi gen dari kedua orang tua anda. Gen ini menentukan apakah anda tipe orang yang mudah gemuk atau tidak. Kurang tepat karena ini bukan penyebab utama anda gemuk. Anda gemuk pada dasarnya sebagian besar disebabkan karena kebiasaan yang diturunkan. Misalnya ayah dan ibu anda suka makan makanan yang bersantan, dan masakannya selalu bersantan dan berlemak atau berkalori tinggi. Otomatis apa yang tersedia di meja makan untuk satu keluarga tentunya akan anda makan juga sebagai anggota keluarga. Otomatis, anda sering lihat satu keluarga yang ayah, ibu dan anak-anaknya gemuk semua. Sebetulnya itu tidak perlu terjadi kalau anda bisa mengatur pola makan anda dengan benar dan memiliki aktifitas yang cukup. (Jadi jangan berdalih kalau anda gemuk karena keturunan ya….) karena pada intinya anda yang memilih apa yang anda makan.

MITOS 3: Makan malam bikin gemuk?
Makan malam tidak akan membuat anda gemuk kalau anda tepat waktu makannya. Normalnya anda bisa makan malam antara jam 18.00 – 19.00. Yang membuat anda lebih mudah gemuk adalah kalau ada tukang nasi goreng tek-tek lewat jam 11 malam, kemudian anda beli, dan setelah makan anda ngantuk dan langsung tidur. Otomatis Badan anda akan mengubah kelebihan kalori tersebut menjadi persediaan lemak.

MITOS 4: Saya akan turun berat badan kalau mengurangi makan / tidak makan.
Ini adalah sesuatu yang kurang tepat. Benar, untuk menurunkan berat badan, anda harus mengurangi jumlah kalori yang masuk, atau dengan kata lain, kalori yang masuk harus lebih kecil dibanding kalori yang dibakar. Masalahnya adalah kalau anda mengurangi makan atau kalori yang masuk, otomatis anda juga mengurangi kebutuhan gizi yang dibutuhkan badan anda. Yang terjadi justru sebaliknya, badan anda akan memperlambat metabolismenya, anda akan semakin sulit turun berat badan, dan kalaupun anda turun berat badan, berat anda akan naik lagi seperti semula atau bahkan lebih berat.

Sumber: http://www.dietsehat.com/letter9.htm

2 thoughts on “Mitos Penurunan Berat Badan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s