Menurunkan Berat Badan Secara Permanen

Menurunkan Berat Badan Secara Permanen


Pernah mencoba untuk berdiet? Dan setelah dengan susah payah anda menurunkan berat badan, tidak lama kemudian berat anda kembali ke semula atau bahkan lebih gemuk? Ingin tahu bagaimana cara menurunkan berat badan secara permanen?

Penyebab kenaikan berat badan seseorang sebenarnya bisa disimpulkan dalam 1 kata, yaitu HABIT.  Atau kebiasaan yang telah berjalan selama bertahun-tahun dan telah menjadi bagian hidup anda.  Sebagai contohnya adalah sikat gigi.  Setiap pagi anda sikat gigi tanpa pernah berpikir “Hari ini saya enaknya sikat gigi nggak ya?”.  Sikat gigi sudah jadi HABIT anda yang otomatis anda lakukan tiap hari tanpa berpikir lagi.

Kenaikan berat badan anda juga dikarenakan habit atau kebiasaan buruk anda.  Mulai dari kebiasaan nyemil, makan goreng-gorengan, pemilihan makanan yang buruk, termasuk juga kurangnya aktifitas.  Masalahnya adalah kebiasaan itu, tanpa anda merasakannya membuat anda secara perlahan tapi pasti naik berat badan.  Kenaikan yang perlahan inilah yang kadang tidak disadari sampai akhirnya baju kita nggak muat semua dan dokter mengatakan anda harus turun erat badan karena anda punya gejala sakit jantung.

Kalau misalnya anda makan gorengan hari ini dan besok langsung naik 10 kg, pastinya anda akan berhenti makan gorengan dengan segera kan?

Sekarang mari kita meramalkan berat badan anda di masa yang akan datang.

  1. Ingat-ingat berapa berat ideal anda dulu, dan sudah berapa tahun yang lalu? Misalkan berat ideal anda dulu 60 kg dan itu sudah 5 tahun yang lalu.
  2. Ketahui berapa berat badan anda sekarang.  Misalkan 75 kg.

Dari pertanyaan diatas, anda bisa menyimpulkan kalau dalam 5 tahun terakhir berat badan anda naik 15 kg.  Yang juga perlu anda ketahui adalah kenaikan berat anda terutama disebabkan kebiasaan anda seperti nyemil, kurang aktifitas, dsb.

Nah, kalau anda sekarang tidak mulai merubah habit anda, (tetap nyemil, makan yang berlemak, dsb) dapat diramalkan kalau berat badan anda dalam 5 tahun kedepan akan naik 15 kg lagi!  Saat ini terjadi mungkin anda akan sudah banyak masalah dengan kesehatan anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s