Tips Lancar Skripsi Cepat Lulus Cepat Wisuda

Tips Lancar Skripsi Cepat Lulus Cepat Wisuda


Eiiitss…jangan dikira saya udah wisuda atau udah sidang. Saya hanya masih terdaftar sebagai mahasiswa akktif semester 6 ko. Kemarin kebetulan saya habis chat sama senior yang udah lulus dan lagi ngambil S2 (sebut saja dia bunga :D). Emang sengaja saya PM mau tanya-tanya seputar TA (tugas akhir)/ skripsi dan sidang. Berhubung juga saya udah menginjak semester 6 dan semester depan udah harus ngajuin judul TA buat syarat kelulusan S1 saya sekaligus untuk mendapatkan gelar ST dibelakang nama saya. Menurut beliau begini lah tips2 biar cepet sidang dan cepet wisuda

1. JUDUL

piliH judul TA yg bahas ttg ilmu baru, tapi nggak sulit jadi dosen kampus ga ada yg tau sehingga dibantainya paling ga bagitu detail. Dan pastinya cari judul yang sesuai minat kita. Jangan terlalu maksa pengen tentng jaringan tapi pas kuliahnya kita ga terlalu menguasainya.

2. ORANG LAIN

Kita ga bisa hidup sendirian didunia ini. Walaupun dia jenius sekalipun ada kalanya dia mentok dan butuh bantuan orang lain. Maka yang dibutuhkan untuk kesuksesan TA kita adalah temen/senior/pacar yang bisa dijadikan referensi untuk kelancaran TA kita. Bukan memanfaatkan lho..hanya meminta pencerahan, wejangan, saran dan kritik. Segala sesuatunya tetep harus kita sendiri yang ngelakuin.

3. DOSEN PEMBIMBING

Dalam penyusunan TA kita diberikan dosen pembimbing untuk dapat membimbing kita, memberi masukan-masukan dan menjaga agar bahasan kita tetap fokus pada judul serta tidak melebar. Disini peran dosen pembimbing sangat diperlukan. Coba bayangkan jika kalian mendapat dosen pembimbing yang sibuknya luar biasa kerjaannya keluar negeri. Mau jadi apa nasib kita?? Jadi carilah dosen pembimbing yang jangan terlalu sibuk dan bisa siap sedia jika kita mau minta bimbingan.

4. MOTIVASI

Janganlah putus asa dengan TA yang sedang kita geluti. Walaupun memang bikin gila tapi yakinlah jika kita berusaha terus, pasti akan ada kemudahan didalamnya. So jangan bosen-bosen dnan pinter-pinterlah buat memotivasi diri sendiri biar selalu semangat dan optimis sama TA kita.

5. SPIRITUAL

Naaah..ini juga penting banget.  Jangan sampe lupa untuk memohon doa kepada Allah untuk kelancaran TA kita. Sering-seringlah mengadu kepada-NYA. Yakinlah bahwa akan ada kemudahan dan pencerahan dari Yang Maha Kuasa. Satu lagi yang paling penting baget “MINTALAH DOA KEPADA KEDUA ORANG TUA KITA”  masih inget kan ada hadist yang mengatakan  “Ridho Allah terletak pada ridho orang tua” jadii kalo orang tua kita senantiasa ikhlas mendoakan kota maka Insya Allah ridho Allah pun akan turun kepada kita.

Seperti itulah ulasan tips dari senior saya. Kalau  udah dapet ke 5 itu, Insya Allah kemudahan senantiasa datang pada kita. Yang lagi bergelut dengan TA, lagi mentok sama TA, hampir gila gara-gara TA  jangan lama-lama terlarut dalam keputusasaan. Semangaaat…^^

29 thoughts on “Tips Lancar Skripsi Cepat Lulus Cepat Wisuda

  1. wah.. bagus nih tips ny chi..
    tapi jgn terlalu ngandelin org lain jg..
    klo bisa dikerjain sendiri usahain sendiri..
    hehe

    terus, pilih topik yg menarik minat kita..
    jgn krn ikut2an org lain..
    =)

    semangat!!!

  2. saran yang bagus..
    cuman,
    soal motivasi diri sendiri tu emang susah banget,Chi..
    Dulu waktu aku masih “muda”,aku mikirnya,tiap hari bakalan ngerjain TA biar cepet selesei.tapi,kalo dah ngerjain,dan stuck,bakalan brenti berhari2..
    ga tahu,deh kenapa..

  3. mas… tips anda sebenarnya bagus, tetapi pada kenyataannya tidaklah semudah yang kita bayangkan…

    coba anda praktekkan dulu, nanti kalau sudah sukses tolong kabari saya…

  4. okey.. thanks sob.. ki sekarang juga lagi mipil garap prop.. cs rencana smster 6 ki udah kudu ngajuin proposal TA.. wah wah tkanks buat sar-sarnya..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s