Between Me and Eugène Freyssinet

Between Me and Eugène Freyssinet


Inspirasi saya seringkali datang ketika tengah malam dimana orang-orang sedang asyik merangkai mimpi mereka. Dan kali ini inspirasinya agak berbeda. Selama bertahun-tahun saya penasaran dan selalu bertanya-tanya “kenapa si nama saya ribet banget??” sebenernya bukan saya aja yang bilang gitu tapi hampir tiap orang yang baru kenal juga berkata seperti itu. Dan akhirnya kali ini saya menemukan misteri dibalik nama Freyssineta Kanditami Pertiwi.

Kata pertama dari nama saya adalah Freyssineta . Pasti banyak orang bertanya-tanya bahasa suku pedalaman mana tu??Saya pun merasa aneh banget si nama saya. Guru-guru, teman-teman semua menanyakan apa arti nama saya, namun saya tidak dapat menjawab (bodoor banget ga si??masa nama sendiri gatau) karena penasaran akhirnya saya tanya pada ayah saya dan beliau menjawab “Freyssinet itu nama seorang ilmuwan bidang sipil” selama bertahun-tahun saya menjawab seperti itu dan baru sekarang saya mencari dan menemukan biografi seorang ilmuwan itu.


Eugene Freyssinet

Nama lengkap beliau adalah Eugène Freyssinet. Seorang Perancis struktural dan insinyur sipil yang lahir di Objat, Corrèze, Perancis pada 13 Juli 1879 dan dipanggil oleh Sang Pencipta pada 8 Juni 1962. Karyanya yang paling terkenal adalah pembangunan Plougastel Bridge, Vichy, Perancis pada tahun 1911 dengan ketinggian 72,5 meter (238 kaki) yag merupakan jembatan terpanjang kala itu. Dan merupakanjembatan yang paling ia sukai diantara banyak jembatan yang telah ia bangun.

Yang penasaran niih bentuk jembatannya

The Largest Freyssinet Project, Plougastel Bridge

Begitulah biografi singkat dari seorang ilmuwan yang menginspirasi ayah saya.

Kata selanjutnya dari nama saya adalah KANDITAMI. Sebenarnya saya belom mendapatkan sumber artikel yang memuatnya, namun menurut ayah saya “Kanditami” memiliki arti kuat.Entah dari bahasa mana ayah saya mendapatkan kata-kata itu tapi kali ini saya terpaksa menelan mentah-mentah (lain kali saya tanyain lagi deeh.hehe). 

Dan kata terkhir dari nama saya adalah PERTIWI. Seperti yang kita ketahui, “Pertiwi” merupakan sebutan lain dari tanah air Indonesia tercinta kita ini.


Jika diambil benang merah dari kata-kata panjang diatas, maka makna rangkaian nama saya adalah “Seorang wanita ilmuwan besar yang kuat dan mencintai tanah airnya” wooow..betapa dahsyatnya arti makna nama saya. Jujur saya merinding kalo baca lagi makna itu dan baru kali ini saya mencari makna nama saya (telaat bgt yak).  Terimakasih kepada ayah saya yang telah memberikan nama sangat dahsyaaat. Muncul motivasi baru yang dapat memacu saya menjadi manusia yang lebih baik lagi..

21 thoughts on “Between Me and Eugène Freyssinet

  1. nama belakang kita menyerempet sama hihihihi…
    mengingat silsilah nama gw rasanya kok gag berarti sehebat lo yah chi..
    yaah tapi gw percaya pasti itu doa dari orang tua gw😀

    dita:
    gada yang bisa menjawab dari siapa nama itu terucap. seriusan looh, orang rumah bener2 lupa nama dita siapa yang ngasih _kasian saya

    martha:
    bisa dibilang nama keluarga kali yah karena ini serempetan dari nama ayah saya :))
    dan saya punya cerita lucu dengan nama ini..

    pratiwi:
    bukan seperti pertiwi kaya nama lo ci, hahahhaa
    tapi yang saya ingat pratiwi nama salah satu murid kakek saya yang paling berprestasi..

    bisa anda membantu mengambil garis merah nama saya??
    hahahahah

    http://sayakamukalian.wordpress.com

  2. hehehe…intinya semua nama itu bagus dan doa kok tut..
    tiba2 dapet inspirasi begituan..
    yasudaahlaah capsuz tuliiis

  3. wow.. kirain nama lo ngasal ^^v

    nama gw mah simple :

    indra -> nama gw, bonyok kira yg lair bakalan co
    wati -> biar jelas kalo gw ce
    jiyono -> nama panjang bokap

    intinya : bonyok gw gak nyiapin nama bwt anak ce. jadilah nama gw seperti itu =.=;

    nasib ya nasib..

Leave a Reply

