Konvergensi ICT di Indonesia

Konvergensi ICT di Indonesia


Pada zaman sekarang ini, kita dihadapkan pada kenyataan dimana kehidupan kita sangat dipenuhi dengan perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang sangat pesat. Di seluruh dunia terutama di negara-negara maju, antara teknologi informasi dan telekomunikasi sudah terjadi konvergensi. Namun apakah makna dari konvergensi itu sendiri? Secara umum konvergensi itu sendiri dapat definisikan dalam hal teknologi, pasar, ekonomi, dan kategori regulasi.  Dari definisi umum tersebut dapat kita artikan konvergensi teknologi adalah peningkatan digitalisasi , konten tipe yang berbeda (data,audio,suara,video) diletakkan dalam suatu format yang sama dan dikirim terus melalui variasi teknologi (komputer,handphone,televisi) atau diteruskan pada platform yang berbeda. Secara garis besar konvergensi terdiri dari teknologi dan media (konten). Konvergensi teknologi terjadi ketika beberapa produk secara bersamaan berada dalam satu produk dengan segala keuntungannya. Bila kita lihat dalam keadaan sekarang ini telah banyak alat komunikasi selular yang menawarkan kemampuan browsing internet,mem-push email, upload langsung melalui ponsel dan masih banyak lagi.

Konvergensi ICT bukan hanya bisa membuka peluang usaha-usaha produktif yang baru, tapi juga juga menempatkan ICT pada posisi penting karena dinilai dapat berperan sebagai enabler dalam perubahan sosial budaya kemasyarakatan di berbagai bidang; baik itu dalam pengembangan kehidupan politik yang lebih demokratis, pengembangan pendidikan, dan peningkatan kapasitas governance di berbagai sektor pembangunan – termasuk pelayanan publik yang dijalankan pemerintah. Sebagai contoh riil adalah penggunaan internet yang meningkat pesat dimana didalamnya termasuk penggunaan situs jejaring sosial yang hampir dimiliki oleh setiap orang. Bahkan untuk sebagian orang kebutuhan itu sudah menjadi kebutuhan pokok. Fenomena seperti itu menjadikan kompetensi di pasar meningkat. Banyak keuntungan yang bisa didapat dari perkembangan teknologi ini, diantaranya adalah komunikasi individu satu sama lain lebih efisien dan murah , serta inovatif dan memberikan nilai tambah terhadap produk dan pelayanan. Selain itu kecangihan ICT dapat dipakai meningkatkan akuntabilitas, transparansi, akurasi, kecepatan proses layanan, dan produktivitas yang dilaksanakan borikrasi pemerintahan, accountability, strategic vision – yang sering diwacana selama pasca reformasi ini bisa diwujudkan melalui penggunaan ICT.

Keadaan seperti ini memberikan tantangan kepada pemerintah untuk mengembangkan kebijaksanaan secara tepat guna kesejahteraan sosial dengan mengidentifikasi kebijaksanaan dan regulasi menyangkut stakeholder. Peraturan-peraturan itupun seharusnya tidak mengekang kebebasan masyarakat dalam berpendapat atau memperoleh informasi. Selain itu dampaknya akan merangsang komersial yang besar, tantangan hukum dan sosial. Konvergensi sesuatu yang dinamis dan fenomena yang berkelanjutan, sehingga sangat penting untuk mengetahui prosesnya dan perkembangan jalannya. Pengendali fenomena ini adalah inovasi dan teknologi, fleksibilitas regulasi, ekonomi dan dinamisasi pasar .

4 thoughts on “Konvergensi ICT di Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s